Cara Alami Mengoptimalkan Kualitas Tidur dan Mengatasi Insomnia

7/6/120 komentar

Tidur adalah salah satu kebutuhan hidup manusia untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas. Manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam sehari. Banyak orang yang berusaha memperbaiki kualitas tidur tetapi dengan cara yang salah. Salah satu kesalahan yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas tidur, seperti minum berbagai macam obat tidur (baik obat tradisional maupun obat kimia sintetis lewat resep dokter). Padahal obat tidur terkadang hanya bisa membantu sementara waktu saja, tapi tidak untuk memperbaiki kualitas tidur kita.

Tips alami untuk mengoptimalkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia (susah tidur) di antaranya adalah sebagai berikut: 
  1. Berolahragalah secara teratur minimal setiap 2 hari sekali sampai berkeringat. Karena, berkeringat sangat menyehatkan. Bila kita sering mengalami insomnia (kesulitan untuk tidur), maka lakukan olahraga pada sore harinya agar relaksasi pada otot mudah terbentuk di malam harinya sehingga memudahkan rasa mengantuk.
  2. Hindari minum terlalu banyak menjelang tidur, lebih baik minum 2 atau 4 jam sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar ketika kita tidur, kita tidak terganggu oleh rasa ingin buang air kecil di malam harinya. Sehingga tidak mengganggu kenyenyakan tidur.
  3. Hindari minum kopi menjelang tidur. Karena kopi mengandung kafein yang membuat kita terjaga dari rasa mengantuk.
  4. Hindari makan makanan padat pada malam harinya. Sebaiknya berhenti makan 4 jam sebelum tidur. Kebiasaan makan makanan padat menjelang tidur, menyebabkan perut terasa tidak nyaman sehingga mengganggu kualitas tidur kita. Serta proses mencerna makanan juga tidak berjalan dengan baik pada waktu tidur. Bila menjelang tidur, kita masih merasa lapar, alangkah baiknya kita makan buah-buahan saja. Sehingga tubuh kita sewaktu tidur bisa mengoptimalkan perbaikan jaringan yang rusak dan bukan untuk mencerna makanan. Tips ini juga mengatasi keluhan setelah bangun tidur, badan menjadi tidak segar dan sering merasa pegal-pegal.
  5. Ciptakan suasana nyaman saat kita akan tidur. Matikan lampu, atur handphone pada mode 'silent', rapikan tempat tidur, jaga suhu ruangan agar tidak terlalu panas.
  6. Jangan lupa untuk mencuci muka, tangan dan kaki. Serta menggosok gigi sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar kita merasa nyaman saat akan tidur.
  7. Selalu berdoa sebelum tidur. Dan biasakan mengakhiri aktivitas kita dengan senyuman sebelum tidur. Tips ini akan memperbaiki kualitas tidur kita dan juga dapat mengatasi insomnia (susah tidur)
Share this article :

Publicar un comentario

UCAPAN SELAMAT

Test Footer 1

k

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KUMPULAN MAKALAH ALHASYI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger