Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat

7/6/120 komentar


Jantung adalah salah satu bagian terpenting di tubuh kita. Kegunaannya yang memompa aliran darah ke setiap bagian tubuh menjadi tugas utamanya. Maka dari itu kita harus selalu menjaga agar jantung tetap sehat. Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips cara menjaga jantung tetap sehat.

1. Berolahragalah atau Lakukan Lebih Banyak Aktivitas.
Dalam sebuah penelitian medis menunjukkan bahwa orang-orang yang menghabiskan lebih dari 2.000 kalori untuk semua aktivitasnya dalam 1 minggu, setara dengan melakukan jogging sejauh kurang lebih 32 km. Dengan berolahraga, jantung akan memompa darah dengan baik. Selain itu juga menghancurkan lemak-lemak di sekitar jantung yang dapat menimbulkan penyakit di jantung. Hal ini dapat meningkatkan angka harapan hidup seseorang menjadi 2 tahun lebih panjang dan mengurangi risiko serangan jantung yang mematikan.
2. Hentikan Kebiasaan Merokok.
Segera hentikan kebiasaan merokok karena dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Gregg Fonarow, ahli jantung dari School of Medicine at the University of California, Los Angeles mengatakan bahwa "Seseorang yang merokok lebih mungkin untuk menderita serangan jantung. Dan serangan jantung akan dialami kurang lebih satu dekade atau sebelumnya". Itu berarti merokok dapat mengurangi 10 tahun usia normal manusia.
3. Lakukan Manajemen Stres Dengan Baik.
Belajarlah untuk mengenali berbagai situasi yang bisa membuat kita stres. Cobalah untuk menyesuaikan diri sendiri terhadap situasi yang membuat kita stres tanpa harus terperangkap di dalamnya.
Think Positive, Act Positive and Behave Positive. Nikmati semua kegiatan kita dan jangan lupakan istirahat serta berliburlah walau hanya sebentar saja.
4. Periksakan Secara Rutin Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol.
Memeriksakan tekanan darah dan kolesterol kita secara berkala sangat penting dilakukan. Tes tekanan darah ini dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan alat yang disebut sphygmomanometer. Alat ini dapat dibeli dengan harga yang cukup murah. Pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah kita memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tekanan darah yang selalu tinggi adalah salah satu faktor risiko untuk penyakit stroke, serangan jantung, gagal jantung dan aneurisma arterial, serta penyebab utama gagal jantung kronis.
5. Bila Perlu Lakukan Tes EKG (ElektroKardiogram).
Tes EKG adalah tes untuk mengetahui kegiatan fisiologis dan mekanisme jantung menggunakan alat Elektro-Kardiograf. Dokter biasanya meminta tes ini untuk mendeteksi ada atau tidak gangguan di jantung secara dini dan juga tes darah. Ribuan orang setiap tahunnya banyak yang datang ke unit gawat darurat karena nyeri di dada. Mereka biasanya khawatir ada gangguan di jantungnya. Padahal tidak setiap nyeri di dada adalah gangguan di jantung. Untuk itu perlu diadakan tes yang sensitif dan sangat akurat
6. Kurangi Konsumsi Menu yang Mengandung Lemak yang Tinggi.
Kurangi makan makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti dari makanan hewani, goreng-gorengan dan semua makanan yang diolah dengan minyak lemak jenuh. Alangkah baiknya, memperbanyak sayuran dan buah-buahan. Konsumsi lemak tidak jenuh tunggal dan lemak tidak jenuh ganda akan menurunkan gejala penyakit jantung koroner. 
Lemak tidak jenuh tunggal terdapat di dalam minyak zaitun dan alpukat (avocado). Lemak tidak jenuh ganda yang berasal dari tumbuh-tumbuhan terdapat di dalam minyak bunga matahari dan minyak kedelai, sedangkana yang berasal dari hewan terdapat di dalam minyak ikan. Lemak tidak jenuh ganda yang terkandung di dalam minyak ikan biasa dikonsumsi oleh orang Eskimo.
Semoga tips cara menjaga jantung agar tetap sehat di atas dapat bermanfaat dan kesadaran akan pentingnya kesehatan memang berasal dari niat kita sendiri.
Share this article :

Publicar un comentario

UCAPAN SELAMAT

Test Footer 1

k

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KUMPULAN MAKALAH ALHASYI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger