Manfaat Madu Asli : Obat Luka Bakar dan Antibiotik

7/6/120 komentar

Sejak lama madu dapat digunakan sebagai obat pada bagian tubuh yang terluka. Karena manfaat madu ini diyakini sejak dahulu sebagai obat paling mujarab sebagai penyembuh luka di luar tubuh manusia. Dalam suatu riset ditemukan bahwa orang-orang yang menggunakan madu untuk mengobati luka dengan cara menaruh madu dalam pembalut luka, memiliki tingkat kesembuhan luka 1/4 kali lebih cepat daripada orang-orang yang hanya memakai metode pengobatan standar biasa. Mark Stengler berpendapat bahwa madu mempunyai efek anti peradangan alami yang berguna untuk menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Selain itu, madu juga mengandung zat 'fitokimia', yaitu zat-zat kimia alami yang terdapat pada beberapa jenis tumbuh-tumbuhan dan bahan makanan. Fitokimia ini berfungsi untuk membunuh virus, bakteri, dan jamur.
Dalam sebuah penelitian pada tahun 1998 di India untuk mengetahui medicinal value efek madu dalam pengobatan luka bakar. Penelitian ini dilakukan dengan cara membentuk dua kelompok yang menderita luka bakar yang masing-masing kelompok terdiri dari 52 orang penderita. Pada kelompok pertama, 52 pasien yang mengalami luka bakar diobati dengan cara menggunakan madu. Sedangkan Kelompok kedua menggunakan obat sulfadiazine. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 87% pasien di kelompok pertama yang diobati dengan madu sembuh dalam kurun waktu 15 hari, sementara itu hanya sebanyak 10% pasien di kelompok kedua yang dapat sembuh dalam kurun waktu yang sama.
Madu memang telah lama dipercaya sebagai antibiotik. Bahkan satu lagi penelitian yang dilakukan di University of Waikoto, Hamilton, Selandia Baru memberikan fakta bahwa madu memang mengandung zat antibiotik yang sangat mujarab dalam menahan serangan bakteri-bakteri jahat. Madu ini memiliki banyak sekali manfaat dalam mengobati dan mencegah tubuh manusia dari serangan infeksi. Konsumsilah secara teratur agar tubuh selalu sehat setiap hari. Beberapa khasiat madu asli diantaranya mengobati penyakit saluran pencernaan, penyakit kulit, penyakit batuk dan pilek serta infeksi di saluran pernafasan, demam, dan hati. Ada juga khasiat madu asli untuk menjaga kadar gula darah dan menjaga stamina tubuh setelah kita berolahraga.
Share this article :

Publicar un comentario

UCAPAN SELAMAT

Test Footer 1

k

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KUMPULAN MAKALAH ALHASYI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger