Daun Jambu biji | Manfaat Untuk Kesehatan

18/12/111komentar



June 17, 2011 · Kesehatan

daun jambu biji Daun Jambu biji | Manfaat Untuk Kesehatan
daun jambu biji

Pada Artikel Berikut saya sajikan beberapa khasiat daun jambu biji untuk kesehatan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang sedang mencari informasi mengenai khasiat  jambu biji, Inilah beberapa khasiat  jambu biji terutama untuk daunnya. jambu Biji merupakan tumbuhan yang dapat berbuah tanpa mengenal musim, jambu biji juga banyak tumbuh subur di sekitar ruman kita, apalagi yang rumahnya di desa, hampir disetiap rumah ada tanaman jambu bijinya.

Daun jambu biji dapat di gunakan untuk mengobati:

1) Luka berdarah atau borok di sekitar tulang
  • Lumatkan daun jambu biji segar. Tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.
2) Kencing manis
  • Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong-potong, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Saring terlebih dahulu sebelum diminum 2 kali sehari.
3) Ambeien
  • Ambillah beberapa lembar daun jambu biji muda atau pucuknya ditambah sebuah pisang batu. Kedua bahan dicuci bersih. Pisang batu tak perlu dikupas. Tumbuk keduanya. Air perasannya ditampung lalu diminum. Lakukan setiap hari secara teratur. Walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar-benar sembuh.
4) Kembung pada anak-anak
  • Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar. Rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas. Perebusan dilakukan hingga air tinggal 1 cangkir saja. Sebelum diminum sebaiknya air disaring. Anak berumur 3 tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.
5) Diare
  • Daun jambu- biji segar seberat 30 g, ditambah segenggam tepung beras dan air 1-2 gelas direbus. Cairan ini diminum 2 kali sehari. Dapat juga 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dikunyah dengan sedikit garam lalu ditelan. Lakukan sehari 2 kali.
6) Sariawan
  • Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air. Saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari.

Dan mungkin sebagai menambah pengetahuan bahwasannya jambu biji mempunyai nama latinPsidium guajava atau sering juga disebut jambu batujambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.
Demikianlah beberapa manfaat dan khasiat dari daun jambu biji, terimakasih.
Tags:  manfaat daun jambu biji bagi kesehatandaun jambu biji,khasiat daun jambu bijidaunmanfaat daun jambu untuk kesehatanmakalah tentang sejarah tumbuhankhasiat daun jambukhasiat daun sirihklasifikasi daun jambu bijiDaun jambu batu
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

9 de enero de 2012, 10:49 PM

obat diare saya nih,
cz khasiatnya langsung terasa.

Publicar un comentario

UCAPAN SELAMAT

Test Footer 1

k

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KUMPULAN MAKALAH ALHASYI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger