Meningkatkan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Balok dan Kubus dengan Menggunakan Alat Peraga Tiga Demensi pada Siswa Kelas V

4/7/120 komentar

skripsi pendidikan matematika:

        “ Meningkatkan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Balok dan Kubus dengan Menggunakan Alat Peraga Tiga Demensi pada Siswa Kelas V
Rosita Arisetyawati, 2005. skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang..
Pelajaran Matematika pada umumnya merupakan mata pelajaran yang kurang disenangi siswa, karena membutuhkan ketelitian dan kesabaran, hal ini berdampak pada nilai matematika tiap semester cenderung rendah yaitu = 7. Sebenarnya pelajaran matematika bukanlah hal yang sulit dipelajari bila pemahaman dan penanaman konsepnya sudah dikuasai siswa.

Tujuan Pembelajaran Volum Balok dan Kubus dengan menggunakan alat peraga tiga dimensi adalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan dapat meningkatkan kinerja guru yang dapat dilihat dari observasi siswa dan observasi guru.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Metode Pemecahan Masalah merupakan tipe belajar yang paling tinggi tingkatannya dan kompleks dibanding dengan metode pembelajaran yang lain.
Penggunaan metode ini siswa harus sudah memiliki persyaratan untuk menyelesaikan soal, siswa harus mampu menyelesaikan soal tersebut, siswa belum mempunyai alogaritma penyelesaian soal.
Hasil penelitian yang diharapkan dari Pembelajaran Volum Balok dan Kubus dengan menggunakan alat peraga tiga dimensi yaitu bila minimal 85% siswa yang mengikuti pembelajaran tersebut mendapat nilai = 75, keaktifan siswa yang didapat dari skor penilaian observasi siswa mendapat rata-rata skor minimal dan dapat = 4 dan kinerja guru mendapat rata-rata skor minimal meningkatkan keaktifan siswa = 4 yang didapat dari skor penilaian observasi guru.
Dari penelitian ini dapatlah disimpulkan bahwa Pembelajaran Volum Balok dan Kubus dengan menggunakan alat peraga tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa (91,43%) dan dapat meningkatkan keaktifan siswa (skor penilaian rata-rata = 5) serta dapat meningkatkan kinerja guru (skor rata-rata = 5). Oleh karena itu peneliti menyarankan khususnya untuk guru SD untuk lebih banyak menyiapkan atau menyediakan alat peraga tiga dimensi dalam membantu siswa pada Pembelajaran Volum Balok dan Kubus.
Download
Share this article :

Publicar un comentario

UCAPAN SELAMAT

Test Footer 1

k

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KUMPULAN MAKALAH ALHASYI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger