Apa yang disebut dengan flek wajah

FLEK WAJAH

FLEK WAJAH ?


Flek wajah merupakan noda atau bercak berwarna coklat atau kehitaman biasanya simetris, terdapat pada wajah akibat pigmentasi kulit yang berlebihan. Bila bentuk flek besar disebut sebagai melasma, bila bentuk titik-titik disebut sebagai freckles atau ephelides.





Apa saja penyebab timbulnya flek wajah ?

a. Faktor keturunan. Beberapa orang pada masa dewasa mempunyai “bakat” untuk timbul flek coklat pada wajah
b. Terkena sinar matahari. Ultraviolet yang terdapat di matahari mengakibatkan flek coklat muda menjadi lebih jelas ( coklat tua )
c. Obat hormonal untuk KB bentuk tablet, suntikan hormon-hormon yang memacu produksi pigmen kulit sehingga timbul flek wajah
d. Kehamilan. Pada kehamilan terjadi peningkatan maupun susuk
e. Bahkan kosmetik tertentu dapat mengakibatkan timbulnya flek wajah

Berapa lama pengobatan flek wajah ?
Pengobatan flek wajah membutuhkan ketekunan dan kedisiplinan yang tinggi, oleh karena krim membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai lapisan kulit sebelah dalam. Efek pengobatan baru terlihat setelah 1 bulan, sedangkan untuk efek maksimal dibutuhkan waktu 3-6 bulan. Flek yang akan hilang dahulu adalah flek yang lebih tipis, sehingga pada awal pengobatan, flek yang tebal akan terlihat lebih jelas karena yang tipis di sekitarnya telah hilang.

Mengapa pengobatan pada flek wajah sering gagal ?

a. Faktor kegagalan terpenting adalah akibat sulitnya menghindari sinar matahari secara langsung. Beratnya kekambuhan flek wajah tergantung dari

1. Kuatnya sinar matahari
a. Terkena sinar langsung berakibat lebih buruk daripada bertopi atau berpayung
b. Terkena sinar pada jam 12.00 lebih buruk daripada jam 09.00 atau 15.00
c. Terkena sinar di lapangan terbuka (laut, lapangan) lebih buruk daripada daerah banyak pohon

2. Lamanya kena sinar matahari
Terkena sinar selama 5 menit lebih buruk daripada 1 menit pada jam dan tempat yang sama

Kegiatan yang menyulitkan pengobatan flek wajah adalah kegiatan yang umumnya dilakukan di bawah sinar matahari langsung seperti berenang, voli, tenis lapangan, bersepeda, gerak jalan, mencuci di depan teras, menjemur pakaian, memelihara tanaman, menunggu bis, jalan-jalan di Dufan atau Taman Mini, dsb.

Dengan kata lain, untuk keberhasilan pengobatan, dibutuhkan prinsip prilaku “ Matahari adalah musuhku “

b. Faktor kegagalan lainnya adalah lupa atau tidak sempat menggunakan krim secara teratur, sehingga obat tidak bekerja secara efektif


Bagaimana cara pencegahan agar tidak kambuh ?
Untuk menghilangkan flek dibutuhkan 3-6 bulan pengobata, namun bila suatu hari melakukan kegiatan beberapa jam di bawah sinar matahai ( misalnya berenang di laut siang hari), maka flek akan kambuh kembali seperti sebelum melakukan pengobatan.

Agar tidak kambuh, perlu :

a. Mempunyai prinsip “Matahari adalah musuhku” yaitu denagn :

1. Menghindari sinar matahari sebisanya, terutama antara jam 08.00-16.00
2. Bila tidak dapat menghindari kegiatan di atas, gunakan krim. Tabirsurya dan penutup wajah seperti topi labar atau payung ( walaupun keduanya tidak akan melindungi wajah secara sempurna )

b. Hindari pemakaian obat hormonal KB (Kontrasepsi tablet, suntik, atau susuk )

Bagaimana cara memakai Tabirsurya yang benar ?

a. Pakailah Tabirsurya dari pabrik obat ( yang dibeli di apotik ), karena efektifitasnya lebih terjamin dibandingkan kosmetik
b. Pemakaian krim tabirsurya dianjurkan ( kalau sempat ) ½ jam sebelum terjemur matahari, agar krim dapat masuk ke dalam jaringan kulit secara maksimal sebelum terkena sinar matahari
c. Oleskan krim Tabirsurya agak tebal di wajah. Untuk perlindungan yang optimal, krim dapat ditumpuk ulang di atasnya
d. Penambahan bedak di atas krim dapat meningkatkan perlindungan terhadap sinar matahari
e. Kemampuan krim Tabirsurya melindungi wajah adalah sekitar 4-5 jam, sehingga pemakaiannya diperlukan setiap pagi (07.00), siang (11.00) dan sore hari (15.00)
f. Pemakaiannya perlu diulang setiap 2 jam bila melakukan kegiatan olahraga berat atau berenang ( berkeringat akan melarutkan krim Tabirsurya )
g. Walaupun Anda telah menggunakan krim tabirsurya namun sebagian dari sinar matahari masih tetap tembus dan masuk ke dalam kulit. Untuk itu usahakan untuk menghindari kegiatan langsung di bawah sinar matahari ( Seperti berenang, bertanam, mencuci di atas teras, menjemur pakaian, dsb )

Bagaimana cara mempercepat pengobatan flek wajah ?

Melakukan tindakan chemical peeling oleh dokter setiap 2-3 minggu sampai flek memudar dan memakai krim setiap hari antara tindakan peeling tersebut.

Apakah diperbolehkan facial di salon ?

Facial merupakan tindakan perawatan kulit dengan cara cleaning secara maksimal dan masase kulit. Facial di salon dapat dilakukan setiap 2-3 minggu dengan syarat.

a. Tidak dilakukan segera setelah tindakan peeling sampai 1 minggu kemudian
b. Tidak melakukan “ peeling secara salon” ( yaitu dengan alat atau krim scrub)
c. Tidak menggunakan
1. Alat denagn sinar ultraviolet ( dapat menimbulkan flek)
2. Krim pemutih (dapat mengiritasi kulit)

Posting Komentar

0 Komentar