***PERJALANAN CINTAQU***


Balada Cinta, Kisah kasih dua insan yang tak teraih.
Ini adalah kisah tentang seseorang yang meninggalkan dan yang di tinggalkan pergi disaat cintanya bersemai rapi, harus terhempas dikarenakan status yang berbeda.

Dua cinta tanpa berkalang noda, diantara dua insan remaja menyatu. Ironisnya, antara mereka harus terpisahkan, "pilihanku terjatuh pada saat diriku tak patut memilih" 

demikianlah gemulai rasa hati disaat kisah yang terbina bersama, namun harus kandas ditengah jalan.

Yach ,,, kisah yang mungkin tak biasa di ungkapkan dengan kata-kata , tapi inilah fakta dan realita insan hidup anak manusia, hemmm,,,,,

  Andy (akrap disapa). Mantan remaja, masih hidup diantara kehidupan baru dan buku diarynya yang dulu. tak ayal, dalam satu minggu, lima menit waktunya tersisa, menyempatkan diri mengamati tulisan kuno, dalam hati seraya berkata "berapa tahun lagikah, tilisan ini akan bertahan utuh?".
 

Andy, Pria tampan, kelahiran Aceh Utara, menjejaki hidup sebatang kara diperantauan Kabupaten Biireuen. Disanalah Andy menimba ilmu di sebuah sekolah kenangan, Sekolah Menengah Pertama di kabupaten setempat. Kini dalam usianya yang mendewasa, dibawah sinar rembulan yang memercah kaca jendela rumahnya kini, sambil melihat-lihat keindahan bintang di balik jendela kamarnya , entah kenapa ia tiba- tiba saja teringat kenangan lampau, 12 tahun silam, yang masih menyisakan luka hati yang amat disesalkan. 
 

Dibalik kenangan yang terlintas itu, muncullah, kiasan nama yang dulu. Wita (sapaan manja bibir Andy). Dua belas tahun terpisah, menuai perjumpaan tak tersengaja di sebuah pesta di Kab. Bireuen.  Sejenak, antara mereka terpaku, seakan-akan jiwa mereka beku, kian lama tak pernah bersua akhirnya tanpa disengaja akan bertatap muka kembali, ta banyak tingkat dalam tempo yang amat singkat, hanya berjabat tangan dan pertukaran nomor Hp saja. Inilah wacananya . .
***PERJALANAN CINTAQU***
Penulis  :     Roeslandy
19 tahun yang lalu........
 Awal bulan juni 2012 pun telah berlalu hampir satu bulan mereka selalu bersama walau itu semua mereka lakukan hanya lewat HP. Dalam satu bulan Hanya dua kali mereka bertemu secara langsung. mereka berharap apa yang dinantikan bisa mereka dapatkan kembali.bukan berarti mereka harus mendapatkan cintanya, Tapi hanyalah permohonan maaf dari sang mantan kekasih.
Selama12 Tahun sudah, mereka berpisah tidak pernah ketemu satu sama lain.Namun suatu hari mereka bertemu disebuah tempat pesta di Kabupaten Bireuen .disana mereka bertemu walau hanya sebentar tapi menjadi sebuah kenangan yang sangat indah.Berhubung kedua mereka selama ini cukup lama berpisah.
Keduanya sudah mempunyai pasangan sah.Namun apa hendak dikata disaat bertemu waktu berjalan dengan cepat,sempat mereka keduanya saling bertukar no handphon
Seminggu kemudian setelah pertemuan mereka ditempat pesta tersebut Wita dan Andy sudah saling berhubungan dengan via hand phon,mereka saling menanyai keadaan mereka
*********************************
Suatu hari Wita menghubungi Andy melalui handphon selularnya,mengajak Andy untuk menemaninya mendaftarkan kuliyah s2 Wita ke Banda Aceh. Namun dengan senang hati Andy menerima ajakan Wita. Nah pada malam itu juga sekitar pukul 8 wib,Andy berangkat dari kotanya menuju ketempat Wita.Tibanya Andy kegandapura pukul 9 Wib.Lalu Andy SMS Wita bahwa Andy sudah sampai dikotanya.
Langsung Wita menelpon Andy suruh tunggu  5 menit.Setelah 5 menit  menunggu,Wita  menelpon kembali untuk menjemputnya dirumah.Andy antara takut dan  ragu. takut diketahui oleh suaminya. Dengan nekatpun Andy masuk juga  kepekarangan rumah Wita.menjemput icut dirumah dengan lorong yang sempit.Sesampainya Andy dihalaman rumah Wita, Wita sudah menunggu dihalaman rumahnya. dan langsung naik kemobil Andy.
 Merekapun berangkat ke banda aceh dari pukul 9,30 wib dengan mobil Andy berjalan perlahan lahan.Dengan suasana malam yang indah .Dalam perjalanan mereka saling curhat bercerita tentang kelurga mereka. mengutarakan isi hati masing masing. Sesekali menyinggung tentang masa lalu mereka.
************************************************
        Wita.........masih ingatkah 19 tahun yang lalu disaat aku datang kerumahmu mengatakan bahwa aku mau merid. apa jawabanmu saat itu.......? “..tanya Andy pada Wita
Aku sudah enggak ingat lagi bang. “jawab Wita..”:
Mungkin jawabanmu ada benarnya juga malam itu..... “ kata Andy dengan muka cemberut”
           Wita mengatakan pada Andy...” kan kita udah janji sebelumnya, kalau kita pergi kebanda aceh kita tidak akan membahas kisah cinta kita, masa lalu kita, Karena Wita takut terhanyut kisah kasih masa lalunya bersama Andy”  Wita mengatakan dengan wajahWita yang merengut.
Namun Andy tetap menyinggung tentang masalalu mereka, sehingga pertanyaan Andy berikan kepada Wita harus Andy jawab  sendiri
            taukah Wita.....Saat itu jawabanmu apa.......?   kalau abang mau merid kenapa harus bilang pada saya.
             Wita tau ? gimana peraaan aku saat itu..? dengan hati menangis dan kecewa aku pulang.walau sebenarnya dalam hatiku belum ada niat untuk merid.Cuma aku datang menjumpaimu hanya untuk memastikan apa kamu masih mencintai aku.seandainya jawabanmu saat itu,kenapa abang buru buru dan kamu masih mencintai ku..aku kan tetap menunggumu,tapi ternyata tidak lagi. “Ujar Andy pada Wita”.
             Wita......! taukah Wita mengapa saya mau menemani kamu sampai ke Banda Aceh malam ini. “Andy bertanya lagi sama Wita
Tidak tahu... jawaban icut dengan wajah tersenyum
             Wita..... Sebenarnya aku datang dari jauh,untuk temani kamu sampai Ke banda Aceh tidak lain hanyalah aku mau minta maaf padamu atas kesalahan saya di masa lalu, dan tidak ada niat busuk untukmu sama sekali.Wita apakah kamu pecaya sama aku...? ujar Andy sambil mengebudi mobil.
              Wita pun menjawab dengan hati yang senang... “ Aku percaya kok ,seandainya aku tidak percaya padamu aku tidak akan pergi bersamamu malam ini...!!!!!!
Wita........!!   Tahukah kamu betapa kecewanya aku saat itu.dengan jawaban yang tidak pernah kuduga akan keluar dari mulud orang yang sangat aku cintai.begitu lama aku menunggumu,tapi akhirnya aku harus kecewa.
              belum lagi hinaan dari mulut orang tuamu kepadaku. mau taukah kamu........?yang paling menyakitkan bagiku adalah orang tuamu, menghina dengan kata kata yang menyakitkan hatiku.orang tuamu bilang padaku.apa hebatnya kamu,  tinggal aja ditempat sale kelapa orang.tidak punya Rumah Miskin Lagi.
              Bang udahlah......! enggak usah singgung lagi tentang masa lalu kita.karena masa lalu itu sudah kita tanam.palagi kita sudah membina rumah tangga kita masing masing.    “Kata Wita pada Andy”    setelah ituWita pun diam.tapi malah Andy melanjutkan pembicaraannya.tampa menghiraukan ajakan Wita
              Sehingga saat itu aku merasa malu dan kecewa meninggalkan bangku pendidikan ku dan pulang kekampung halaman, dimana tempat aku dilahirkan dulu,yaitu kota panton labu.saking sakitnya hati dan kecewa penuh dengan hinaan yang tidak mungkin kuterima.
              Sesampainya aku dikampung halamanku, terpaksa aku guna gunai kamu,mempagari tubuhmu memantrai kamu.biar orang yang datang mau meminangmu tidak ada yang mau.memang aku tau itu semua bukan kesalahan kamu tapi orang tua mu.tapi terpaksa aku lakukan walau orang tuamu yang salah tapi tetap imbasnya hanya padamu
               Tapi abang sudah salah melakukan hal itu padaku. karena bukan aku yang salah tapi orang tuaku.kenapa aku yang menerima semua itu bang.  “”tanya Wita pada Andy
taukah abang..... ? “ Wita melanjutkan pembicaraannya”  akibat kelakuan abang sama icut. setelah kita putus dulu dan abang sudah nikah.Aku menjalin Cinta kasih dengan Orang sangat Aku cintai.yang Wajahnya hampir Mirip Dengan Abang.kami sudah janji kawin tapi pada  akhirnya terpaksa batal tampa sebab dan kesalahan.
selain itu banyak juga yang datang meminang aku tapi tidak satupun jadi. Taukah abang itu semua akibat ulah abang.      “kata Wita pada Andy dengan wajah cemberut “  
            Ya  ya   saya tau,memang sudah salah,maka malam ini aku hadir dihadapanmu dan menemanimu untuk mempertanggung jawabkan atas semua perbuatan ku dulu padamu. dan semua yang aku lakukan aku akui.Aku hadir malam ini hanyalah untuk meminta maaf padamu,Setelah malam ini kamu menerima permintaan maafku.anggap saja kita tidak pernah ketemu.dan mungkin setelah ini kita tidak akan bertemu lagi.Maukah kamu memaafkan atas kesalahan masa lalu yang telah membuat mu menderita.    “ Kata Andy pada Wita dengan nada meminta”
           Tunggu dulu bang......walau malam ini seribu kali abang minta maaf padaWita,belum saatnya Wita memaafkan abang.ada saat saatnya aku akan memaafkan abang.....”” kataWita dengan nada kesal”
           Ok......sekian banyak lelaki yang kamu cintai setelah kita pisah.siapakah lelaki yang masih melekat di hati mu sampai sekarang...? "tanya Andy pada Wita" malah Witamenjawab
dulu ada seorang lelaki yang mirip dengan abang yang saya cintai,sampai sekarang pun aku masih mengingatnya.setelah aku kawinpun masih aja dalam pikiranku
           Wita......  perlu kamu tau !  dulu aku selalu datang kerumah mu dan memantau mu.tapi hal itu tidak pernah kau bicarakan padaku.Pria mana yang kamu cintai. Cuma yang kau bilang padaku saat itu’’ ada seorang pria yang ingin menikah denganmu,tapi tidak direstui orang tuanya.yaitu suamimu yang sekarang  ;saat itu pula  aku bilang padamu,kalau pria itu pilihanmu aku akan membantu  “”agar laki laki itu jadi milikmu,.walau orang tua laki laki itu,tidak setuju “”””kata Andy pada Wita
         Namun demikian Abang tetap salah ‘ karena orang aku cinta tidak jadi nikah  denganku.kata Wita dengan nada penuh amarah
         Abang perlu tau ‘sebenarnya suamiku yang sekarang bukan orang yang aku cintai.saat itu dia hanya sebagai kawan biasa.sesama pedagang.tapi aku tetap terima pinangannya walau tampa direstui oleh mertuaku.taukah abang........?Sampai saat ini aku dan suamiku sudah mempunyai tiga orang  anak kesayangan,namun pihak mertuaku belum juga menerima aku sebagai menantunya.Apa itu tidak menyedihkan bang...............................?
         Ya......tapi kasih sayang suamimu terhadapmu tidak pudar kan.........””Tanya Andy pada Wita,”
          Ya sama sekali tidak bang,    kami berdua dalam keluarga selalu adem ayem...... Malah aku mau melanjutkan kuliah atas arahan suamiku juga ;jawab Wita
          Tapi lelaki itu yang kamu bilang sama saya kan?” tanya Andy pada Wita
             Ya bang.....! memang suamiku yang sekarang yang aku bilang sama abang dulu.tapi orang yang sangat aku cintai tidak jadi nikah denganku.itu bagaimana  bang   ? tanya Wita pada Andy
           Ya,tapi suamimu yang sekarang sangat mencintaimu dan meyayangi kamu kan Wita!
              Ya tapi sama aja, abang tetap salah telah memantrai saya kan..........?
              Ya  Saya tau,Memang saya salah makanya aku hadir malam ini menemanimu untuk mengakui semua perbuatanku masa lalu,Tapi kamu juga harus mengerti perasaan aku
Setahun kemudian....................................apa yang terjadi...?
                      **********************
       Setahun setelah aku menjumpaimu walau dengan hati menangis dan terpaksa,baru aku merid dengan orang yang tak pernah kukenal seperti aku mengenal dirimu sebelumnya.
           Tiga(3) bulan setelah aku nikah aku datang lagi menjumpaimu dikota bireun saat itu kamu masih duduk dikelas 3 MAN.aku jumpaimu dan mengajak kamu ke kota ku.dalam perjelanan aku cerita yang sebenarnya aku baru saja nikah
            Dalam Perjalanan menuju kekota ku panton labu,kita cerita kisah cinta yang memang saat itu tidak mulus seperti yang kita inginkan.Berhubung  kita tidak direstui oleh orang tuamu.apa hendak dikata terpaksa kita harus berpisah dengan cara aku harus menikah dengan orang lain.walau kita saat itu masih saling cinta mencintai.
            Sesampai kamu ketempat aku, kebetulan istri aku sudah pulang kerumah orang tuanya.sehingga kau dan aku tidur bersama diranjang tempat istri dan aku tidur.Namun antara kau dan aku tidak pernah terjadi apa apa, yang tidak mungkin kita lakukan,namun hanya kenangan kecil yang kita lakukan malam itu.
namun waktu Andy tanya apa Wita masih ingat itu semua.”” jawaban kamu tetap sama,”
tak ingat apa apa bang

             Hari-Hari ku yang dulu ceria kini menjadi suram aku hanya bisa terdiam membisu sambil menyetir mobil.memikirkan apa yang telah terjadi antara kau dan aku malam ini, seakan-akan aku tak percaya dengan semua ini, sesekali aku berfikir mungkin ini hanya mimpi bukan kenyataan. Namun setelah aku terbangun dari lamunanku ternyata semua nya bukan mimpi, kini kau telah bahagia dengan cinta yang lain.
            Mentari pagi pun mulai terbit diufuk timur tampa terasa sudah sampai ketejuan kota banda aceh.satu hari penuh Andy dan icut sibuk dengan pendaftaran difakultas unsyiah banda aceh. Untuk melanjut kuliah Wita mengambil s2.
            Malam harinya mereka pulang lagi bersama dan terus bercerita tentang mereka.apalagi susana malam itu sangat indah.mobilpun berjalan dengan santai dimalam itu.seakan akan dua sejoli sedang memadu kasih.tampa terasa..hari demi hari mereka sibuk dengan pekerjaannya  masing masing,tapi tetap saja mereka berhubungan dengan telepon.
            Setelah seminggu pulang mereka dari banda aceh
Icut menghubungi Andy.kata Wita pada Andy,icut mau membeli laptop dan sudah memesannya di banda aceh pada keponakannya.
            Lalu Andy menawarkan jasanya untuk membeli laptopWita dimedan.karenaAndy  sering kemedan.Wita pun menerima tawaran tersebut.dan Wita pun mengasih uang pada Andy untuk membeli laptop Wita.
            Kebutulan Andy kemedan malam itu dia beli laptop Wita.setelah Andy membeli laptop
diantar ke lhlokseumawe.pada saat itu icutpun naik mobil Andy dan jalan jalan memutar kearah jalan land landing.pada pertemuan mereka itu juga Andy masih penasaran sampai saat ini Wita belum juga memaafkan kesalahannya pada Wita.
            Wita.........’’ini yang kedua kali aku menjumpaimu apakah kamu tega juga tidak mau memaafkan kesalahan ku.  “tanya Andy pada Wita
             Bang belum saatnya sekarang aku memaafkan abang.yang jelas suatu saat pasti aku memaafkan segala kesalahan abang,tapi tidak sekarang dan ada syaratnya.  “”begitu jawab Wita pada Andy
            Apa syaratnya.......? “tanya Andy pada pada Wita
Syaratnya bukan sekarang aku kasih tau abang,tapi pada pertemuan lain kali Wita kasih tau.   “”begitu kata Wita pada Andy

                Wita......!mengapa sekarang tidak kau berikan maafmu padaku,biar aku hengkang dari kehidupan mu sekarang.karena kita tau ,tidak mungkin selamanya menyembunyikan pertemuan kita pada suamimu.walau antara kita tidak pernah terjadi hal hal yang memalukan.  “”kata Andy pada Wita.
Wita pun tetap berkilah dengan alasan ada saatnya nanti”
               Namun Andy malah bertanya” sambil tersenyum “apakah aku harus membuat dosa yang lebih besar  dengan mu ?baru Wita mau memaafkan kesalahan Andy selama ini.Wita hanya tersenyum waktu melemparkan kata kata tersebut
               Ok lah kalau itu maumu.tapi  walau icut telah memaafkan aku nanti .walau kita tidak akan bertemu lagi.kalau perlu bantuanku tetap aku mau membantumu,apa saja yang kau butuhkan
.
               Malah saat itu Wita berkilah kalau butuh bantuan kenapa harus meminta pada yang jauh.kan masih ada orang yang dekat dengan ku.””jawab Wita dengan nada yang kesal.”
setelah memutar jalan  land landing,akupun mengantar Wita dimana dia aku jemput.setelah Wita aku, antar aku punpulang
                Esok harinya pada tgl 29 juni 2012 Wita menelpon Andy menanyai cara main laptop yang Andy belikan tersebut.lama memang mereka ngobrol via hp.tiba tiba Andy mendengar  suara laki laki dirumahnya,ternyata suaminya pulang,tapi Wita tidak menghiraukan semua itu,Wita tetap melanjut pembicaraan tentang laptop dihadapan suaminya dengan Andy.sehingga hati Andy merasa was was dengan kehadirannya suaminya ditengah tengah pembicaraa mereka via telepon tersebut.sehingga Andy memutuskan hubungan telpon dengan Wita saat itu.
                Pada malam itu sekitar pukul 9 wib Wita menghubungi lagi Andy via telpon gemggamnya,dan menanyakan tentang  cara menggunakan waifi yang baru dibelinya.lalu Andy menjelaskan satu persatu cara menggunakan waifi tersebut.sesekali Andy juga menyinggung tentang permohonan maafnya pada Wita.entah kenapa malam itu akhirnya Wita mengatakan.
                 Semua yang abang lakukan terhadap Wita dulu sudah kumaafkan.karena semua yang terjadi tidak mutlak kesalahan abang.tapi juga kesalahan orang tuaWita .abang pun harus memaafkan segala kesalahan orang tua Wita ,”” tapi dengan syarat abang tidak mengulangi perbuatan yang sama.   “”begitu kata Wita pada Andy

                Ya dari dulu aku telah memaafkan mereka dan tidak ada dosa apa apa orang tuamu pada ku.karena orang tuamu sudah kuanggap sebagai orang tuaku juga.jadi mulai malam ini antara kita tidak ada lagi dosa.semoga kita hidup sejahtera bersama pedamping hidup kita.membina keluarga kita masing masing tetap utuh selamanya Amin....................dan aku juga meminta maaf selama pertemuan kita ini ada kata kata yang mungkin menyinggung perasaanmu.dan aku ucapkan terimakasih kepada Allah yang telah mempertemukan kita kembali saat ini.dan setelah ini kita akan berpisah kembali.mungkin suatu saat juga kita juga bertemu lagi
                                      *****************
 Ini adalah kisah nyata yang sebenarnya yang aku alami
Disusun oleh  : ROESLANDy
Editing            : Roeslandy
Producser      : Roeslandy
Diaplot           :http://alhasyi.blogspot.com
                         :http://News bidik aceh.blogspot.com
                         :http://indofokus.blogspot.com                

Posting Komentar

0 Komentar