Sejarah Komputer

22/12/110 komentar


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Sejarah Komputer

Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Pada awalnya komputer pertama diciptakan oleh seorang ilmuwan matematika Inggris dari Universitas Cambridge bernama Charles Babbage (1792-1871) yang menemukan speedometer. Usaha Babbage yang pertama muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan diferensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin Diferensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Babbage kemudian terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine atau mesin analitis. Mesin ini terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari mesin analitis menggunakan kartu-kartu berlubang yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Seperti mesin diferensial, mesin analitis ini sepenuhnya bersifat mekanis.
Ada Augusta Lovelace (1815-1842) merupakan wanita yang dipekerjakan oleh Babbage juga memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ciptaan Babbage. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris dan mengkomunikasikan spesifikasi mesin analitis kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer pertama di dunia. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada tahun 1889, Herman Hollerith (1860 1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu.
Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry merancang sebuah kalkulator elektronik di Bell Labs, Amerika Serikat. Mesin ini sangat canggih pada masanya dan bekerja menggunakan aritmatika biner dan memiliki kapasitor-kapasitor sebagai memori. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem  biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940.

a.      Komputer Generasi Pertama (1943-1955)

Pada Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Pada masa awal perang, kapal-kapal selam Jerman bernama U-Boat menggunakan pesan-pesan yang telah disandi menggunakan alat yang disebut ENIGMA untuk dikirim ke pusat komando. Pada awalnya ENIGMA dirancang oleh seorang penemu amatir dan mantan presiden Amerika Serikat, Thomas Jefferson. Selain itu pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pada tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia ENIGMA yang dinamakan COLOSSUS. Ahli matematika Inggris, Alan Turing membantu merancang mesin ini. Mesin COLOSSUS ini dapat dicatat sebagai komputer digital elektronik pertama di dunia. Di Amerika pada saat itu juga dihasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy dengan nama Mark I.
Perkembangan komputer selanjutnya adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer ini terdiri dari 18.000 tabung vakum, 1.500 relai, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Dengan komposisi tersebut, komputer ini memiliki bobot 30 ton dan membutuhkan daya 160 kilowatt. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim  University of Pensylvania dalam usaha membangun konsep desain. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) versinya sendiri dengan nama IAS pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Arsitektur komputer Von Neumann ini akan menjadi dasar hampir semua komputer digital lebih dari setengah abad kemudian, bahkan hingga saat ini.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Gambar 1 Model kerja komputer Von Neumann
Komputer Generasi pertama mempunyai karakteristik instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tabung vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

b.      Komputer Generasi Kedua (1955-1965)

Pada tahun 1948 diciptakan transistor di Laboratorium Bell oleh John Bardeen, Walter Brattain, dan William Shockley. Mereka menerima hadiah nobel di bidang fisika pada tahun 1956 untuk penemuan ini. Penemuan ini sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Komputer transistor pertama dibuat di Laboratorium Lincoln, MIT, sebuah mesin 16 bit dengan nama TX-0 (Transistorized eXperimental Computer 0). Perkembangan selanjutnya adalah dengan munculnya PDP-1 pada tahun 1961. Mesin ini mempunyai word 18 bit sebanyak 4K dan waktu siklus 5 µsecond.
Selanjutnya juga telah dibuat mesin 12 bit bernama PDP-8 yang lebih murah daripada PDP-1. PDP-8 telah melakukan informasi besar, yaitu memiliki bus tunggal bernama omnibus. Bus adalah kumpulan kabel-kabel paralel yang digunakan untuk menghubungkan komponen-komponen sebuah komputer. Arsitektur ini sangat berbeda dengan mesin IAS yang berpusat pada memori dan arsitektur ini diadopsi oleh hampir semua komputer kecil.

Gambar 2 Model komputer PDP-8
IBM juga menciptakan komputer versi 7090 dan 7094 yang memiliki waktu siklus 2 µsecond, 32 K memori ini, dan word dengan panjang 36 bit. Pada tahun 1964, sebuah perusahaan yang baru berdiri Control Data Corporation (CDC) memperkenalkan komputer 6600, sebuah mesin yang mendekati ideal dan lebih cepat dari 7094. Mesin ini dapat melakukan 10 instruksi yang dijalankan pada saat yang sama.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

c.       Komputer Generasi Ketiga (1965-1980)

Penemuan rangkaian terpadu (integrated circuit - IC) dari silikon oleh Robert Noyce pada tahun 1958 memungkinkan dimasukkannya lusinan transistor pada satu keping chip tunggal. Teknologi ini memungkinkan untuk pembuatan komputer yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih murah dibanding komputer yang menggunakan transistor.
Pada masa ini IBM memperkenalkan jalur produk tunggal dengan nama Sistem/360 untuk menggantikan model 7094 dan 1041 yang tidak saling kompatibel. Komputer ini berbasis pada rangkaian-rangkaian terpadu yang dirancang untuk keperluan perhitungan ilmiah dan komersial. Komputer 360 memperkenalkan kemampuan multiprogramming dimana memiliki beberapa program dalam memori, sehingga ketika satu program menunggu selesainya input/output, program lain dapat melakukan perhitungan. Komputer 360 dibuat dalam beberapa model untuk beberapa kebutuhan, yaitu:

Sifat
Model
30
Model
40
Model
50
Model
65
Kemampuan relatif
1
3.5
10
21
Waktu Siklus (nsec)
1000
625
500
250
Memori maksimum (KB)
64
256
256
512
Byte-byte yang diambil per siklus
1
2
4
16
Jumlah maksimum saluran data
3
3
4
6

Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

d.      Komputer Generasi Keempat (1970-sekarang)

Pada tahun 1980-an, Very Large Scale IC (VLSI) memungkinkan pemasangan puluhan ribu sampai ratusan ribu transistor ke dalam satu chip tunggal. Bahkan dengan teknologi Ultra-Large Scale Integration (ULSI) jumlah tersebut meningkat sampai jutaan transistor. Perkembangan ini menyebabkan lahirnya komputer dengan ukuran semakin kecil den kecepatan yang semakin tinggi. Dengan lahirnya komputer mini, maka sebuah instansi dapat memiliki komputer sendiri karena harganya yang menjadi jauh lebih murah. Pada masa ini, era komputer pribadi (Personal Computer atau PC) dimulai.
Komputer-komputer pribadi pertama biasanya dijual secara terpisah-pisah antara satu komponen dengan komponen lain, sehingga semua spesifikasinya tergantung pembeli. Prosesor yang dipakai saat itu adalah intel 8080 dan sebuah sistem operasi CP/M yang ditulis oleh Gary Kildall. Satu perangkat komputer pribadi terdiri atas sebuah prosesor, sejumlah kabel, sebuah power supply, dan floppy disc 8 inci.
Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan komputer pribadi untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD K6, Athlon, Duron, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Komputer pribadi pertama yang lain adalah Apple yang dirancang oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Mesin ini sangat populer di kalangan pemakai komputer di rumah dan di sekolah-sekolah hingga Apple menjadi sangat terkenal dalam waktu singkat.
Seiring dengan bertambah populernya komputer, maka komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, perangkat lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dengan menggunakan Local Area Network (LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
1.2 Jenis-Jenis Komputer
Menurut Bentuk dan Ukuran Fisik
1.      Komputer Desktop; Ukuran fisiknya lumayan kecil, biasanya cocok diletakkan di atas meja. Bhakan sekarang dikembangkan bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan bentuk desktop slim. Bentuk desktop ini bisanya dilengkapi dengan banyak ruang yang disebut expantion slot sebagai tempat untuk card tambahan.
2.      Komputer Tower; Ukuran fisk relatif lebih besar dibandingkan dengan komputer jenis desktop, cocok untuk diletakkan di samping atau di atas meja. Memiliki ruang untuk expantion slot lebih banyak.
3.      Komputer Portable; Ukuran fisiknya sedikti lebih kecil dari komputer desktop dan tower. Seluruh bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana-mana. Jenis komputer ini diciptakan untuk orang yang sering bekerja berpindah-pindah atau dilapangan. Secara bebas portable artinya mudah dibawa-bawa.
4.      Komputer Laptop; Adalah komputer dengan ukuran fisik yang dapat dipangku, ukurannya lebih kecil dari komputer portable, semua komponennya dibuat menyatu.
5.      Komputer NoteBook; Sesuai dengan jenisnya ukuran fisik komputer ini sebesar notebook, bentuk dan ukurannya hampir sama dengan komputer Laptop.
6.      Komputer SubNotebook; Ukurannya sebesar kertas kwarto, tebal kira-kira 5 cm, dan masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya.
7.      Komputer Palmtop; Komputer ini dibuat untuk bisa digenggam, bila dibandingkan dengan ukuran kaset kira-kira sebesar kaset video beta. Arus listriknya didapatkan lewat baterai.
1.3 Data
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Atau dengan kata lain adalah fakta yang terungkap. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol. Data mentah masih belum dapat digunakan, sehingga harus diolah lebih lanjut.
Pengolahan data adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.
Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk  yang lebih berarti dari suatu kejadian.
Jadi pengolahan data elektronik adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Proses pengolahan data terdiri atas 3 tahap dasar, yaitu Input, Processing dan Output, dapat digambarkan sebagai berikut :
INPUT
 
PROCESSING
 
OUTPUT

 
 



Input adalah tahapan yang merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input.
Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan, yang akan dilakukan oleh alat pemroses (dapat berupa proses menghitung, mengendalikan, mengurutkan, dan lain-lain)
Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output (keluaran) dari hasil pengolahan data kea lat output, yaitu berupa informasi.
1.4 Imformasi
Menurut ensiklopedia Wikipedia, teknologi informasi yang sekarang disebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology - ICT) adalah teknologi yang diperlukan untuk memproses informasi. Maksud yang lebih spesifik lagi adalah digunakannya perangkat keras (komputer elektronik) dan perangkat lunak untuk mengubah, menyimpan, melindungi, memanipulasi, mengirimkan, dan menerima informasi.
Informasi sendiri merupakan istilah yang memiliki banyak arti dan tergantung dari konteksnya, dapat sebagai pesan, pola, rangsangan panca indera, pengaruh untuk perubahan, dan properti fisik. Semua jenis informasi itulah yang harus dapat diproses oleh teknologi informasi, contoh:
Ö         Sebagai pesan, teknologi informasi harus dapat mengirim dan menerima pesan. Pesan dapat berupa kata-kata, huruf, dan kode-kode lainnya. Model ini tersusun atas pengirim dan penerima pesan. Contoh aktivitas penggunaan informasi ini adalah chatting dan instant messaging.
Ö         Sebagai pola (pattern), teknologi informasi harus dapat mengenali pola informasi yang memiliki keteraturan untuk diterjemahkan menjadi data tertentu. Pola dapat berupa data biner, urutan kata, data angka, dll. Contoh pengenalan pola sering digunakan pada metode statistik untuk meramalkan kejadian yang akan datang. Proses pengenalan pola data lebih banyak dipelajari pada bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence).
Ö         Sebagai rangsangan panca indera, teknologi informasi harus dapat berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung dengan manusia. Hasil  pemrosesan informasi sebagai rangsangan panca indera dapat berupa suara, display, dll. Contohnya adalah pemrosesan file MP3 yang menghasilkan suara dengan nada teratur sehingga dapat didengarkan manusia.






























BAB II
ASPEK-ASPEK KOMPUTER
2.1 Sofware
Ada beberapa bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mengendalikan sebuah alat dengan komputer sebagai pengendalinya, diantaranya: Pascal, Visual Basic, C++, Delphi dan lain-lain. Pada alat penyeleksi barang berdasarkan tinggi berbasis PC ini bahasa pemrograman yang digunakan adalah Visual Basic. Adapun alasan kami menggunakan visual basic adalah secara mendasar VB mirip dengan bahasa pemrograman yang lain, misalnya BASIC, C dan Pascal, tapi tentu saja sintaks dari tiap-tiap bahasa tidak sama persis. Lompatan besar VB adalah kemampuannya untuk memanfaatkan windows secara maksimal.
VB tidak memerlukan pemrograman khusus untuk menampilkan jendela, dan cara penggunaannya juga berbasis visual seperti aplikasi windows lainnya, misalnya untuk mengatur besarnya jendela cukup dengan men-drag form yang tersedia dengan mouse sehingga diperoleh ukuran yang dikehendaki.
VB adalah bahasa pemrograman yang evolusioer, baik dalam hal teknik maupun cara operasinya sangat mudah untuk menciptakan aplikasi dengan VB, karena hanya memerlukan sedikit penulisan kode-kode program sehingga sebagian besar kegiatan pemrograman dapat difokuskan pada penyelesaian problem utama dan bukan pada pembuatan antarmukanya.
Apa pun tujuannya, menciptakan alat bantu sederhana untuk menyelesaikan tugas-tugas pribadi atau kelompok, maupun lingkungan kerja yang lebih luas, misalnya untuk menciptakan suatu aplikasi kelas dunia yang nantinya dapat disebar melalui internet, maka VB mampu menangani hal tersebut. Sebagai bahasa pemrograman yang Evolusioner, VB menggabungkan konsep pemrograman prosedur dan terstruktur dengan dua teknik inovatifnya:
·   Pemrograman berorientasi objek (object Oriented Programing)
·   Pemrograman berorientasi event
2.2 Hadware
Hamper seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa computer yang didesain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuhannya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
2.3 Braiware
Braiware adalah personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.
















BABIII
MERAKIT DAN MENGINSTAL
3.1 Komponen Yang Di Perlukan
Sebuah komputer merupakan gabungan dari 13 komponen dimana satu sama lain saling terintegrasi, sehingga jika salah satu komponen tidak berfungsi, maka komputer tersebut tidak akan berfungsi dengan baik. Tetapi adakalanya salah satu komponen tersebut meski tidak berfungsi dengan baik, tetapi komputer tetap bisa bekerja, hanya pada fungsi komponen tersebut saja yang tidak dapat digunakan tetapi tidakmengganggu proses kerja komputer tersebut. Misalnya pada soundcards, atau modem, meskipun kedua jenis komponen tersebut tidak dapat dioperasionalkan, komputer tetap dapat dihidupkan. Tetapi akan berbeda jika komponen yang mati adalah processor atau RAM atau monitornya.
Untuk merakit sebuah komputer diperlukan komponen-komponen sebagai berikut :
1. Mainboard
2. Processor
3. RAM (SD RAM/DD RAM)
4. Disk Drive/Floppy disk
5. Hard disk
6. Casing yang memiliki power supply tinggi 240 watt atau lebih
7. CD ROOM/DVD ROOM read or write
8. Speaker
9. Keyboard
10. Mouse
11. Monitor
12. VGA
13. Soundcard
Komponen diatas merupakan komponen standard pada sebuah PC.
Selain itu juga ada komponen optional/pilihan yang Merakit Sebuah Komputer 821 dapat dipasang untuk melengkapi kebutuhan tersebut, seperti
modem, printer, scanner, network cards dan UPS/Stabilizer.
Untuk mendapatkan satu unit komputer yang bagus dan murah kita harus pandai-pandai memilih dan memilah produk mana yang akan dipakai, seperti misalnya MB ada lebih dari 50 macam merk, sedang masing-masing merk mengeluarkan series yang beraneka ragam. Untuk itu perlu informasi sebelum
memutuskan komponen mana yang akan dipakai. Berikut ini akan dibahas tentang komponen tersebut juga pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan untuk
merakitnya.
1. Mainboard (MB)
Banyak pabrik yang menawarkan Main Board dengan segala kelebihannya, tetapi kita dapat memilih sesuai dengan isi kantong atau kemampuan dana yang tersedia. Main board yang beredar di pasaran memiliki variasi yang sangat banyak ragamnya, sehingga sebelum memilih atau membeli main board perlu beberapa pertimbangan antara lain:
  1. Apakah MB tersebut dapat menunjang komponen lain, seperti VGA, Modem, TV Toner dan lain-lain yang berkaitan dengan operasional komputer.
  2. Jika pertimbangan harga, maka fasilitas internal board atau onboard yang ada di dalamnya sebaiknya yang dipilih. Hal ini dapat menghemat biaya seperti VGA, Soundcard, Modem dan LAN cards, tetapi tidak semua jenis MB menggabungkan
  3. fasilitas-fasilitas tersebut dalam satu paket MB.
  4. Perhatikan berapa banyak slot PCI yang tersedia, apakah ada atau tidak. Jika komponen onboard mengalami masalah, agar dapat digantikan dengan komponen eksternalnya.
Pemilihan paket MB yang baik adalah dari produsen yang menyertakan spesifikasinya, sehingga akan mudah di kemudian hari jika ingin ditingkatkan kinerjanya. Perhatikan dalam spesifikasi MB tersebut utamanya pada kemampuan Processor Support, Memory support, Expansion Slots, Power Supply & Management, Graphics System, On-board I/O port , Hardware monitoring dan komponen lain yang tersedia pada MB tersebut.
Pada keterangan yang diberikan atas MB bersangkutan adalah pada Processor support hingga xx Gega, dan clock scheme yang terpasang, juga tentang Memory support juga dijelaskan jumlah slotsnya dan maksimum memory yang dapat dipasang. Tingkat kebutuhan pada komputer sangat bervariasi, namun pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi kebutuhan untuk perkantoran dan perorangan. Untuk kegiatan perkantoran terdiri atas : Kebutuhan untuk database kepegawaian, analisa data penelitian, dan geographics sedangkan untuk perorangan segi hiburan lebih dominan. Untuk itu spesifikasi komponen yang dibutuhkan sangat berbeda.
Untuk komputer perorangan lebih mengutamakan hardware yang dapat mensuport video graphics dan RAM yang tinggi, disamping multimedia yang lebih menonjol ketimbang untuk kebutuhan kantor. Untuk itu MB yang harus dipilih pada komputer perorangan adalah yang memiliki slot VGA AGP yang bagus (8 atau 16x), dan memiliki chache memory board tinggi.
2. Processor
Semakin tinggi kemampuan processor yang dipilih semakin mahal harganya. Tidak cukup itu, yang menjadi pertimbangan adalah apakah MB dapat mensuport? Hal ini jauh lebih penting, Merakit Sebuah Komputer 823 sebab Main Board adalah yang lebih menentukan. Jenis processor dimulai dari 8086/8087-XT hingga Pentium IV-2.8 GB dan banyak produsen yang mengeluarkan produk ini diantaranya: Intel Pentium, IBM, AMD, CYRICS dan masih banyak lagi semua memiliki kelebihan dan kekurangan, juga mempunyai pasar yang berbeda. Hanya di Asia khususnya di Indonesia semua produk ini bisa masuk dan diterima.
Intel yang beredar dalam pasaran, banyak ragamnya ada yang menggunakan BOX atau TRAY (kodian). Jika diperhatikanada perbedaan harga meski menurut pengakuan pedagang kedua barang tersebut tidak berbeda kualitas, alasan mereka untuk biaya box diperlukan tambahan harga 5 s/d 7 US$. Pemilihan processor dapat disesuaikan dengan kebutuhan dasar kita, apakah untuk kegiatan yang memerlukan kecepatan tinggi atau tidak. Jika kebutuhan terbatas pada kegiatan administrasi, seperti pengetikan dan pembuatan tabel-tabel sederhana, maka komputer yang diperlukan tidak lagi yang berkecepatan tinggi, barangkali cukup Pentium 2 atau 3 saja bahkan kalau perlu Pentium 1 sudah mencukupi. Terkadang kita kalau bertanya kepada pedagang mereka memberi saran yang menyesatkan. Kalau dana yang tersedia cukup tidaklah menjadi masalah, tetapi kalau dana yang terbatas maka akan mubazir.
Untuk memilih processor, beberapa pertimbangan yang harus dilakukan yaitu :
  • Seberapa besar kebutuhan data yang akan kita olah
  • Seberapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu pekerjaan tersebut, dan Seberapa banyak dana yang tersedia untuk itu.
3.2 Alat Bantu

3.3 Langkah-Langkah Merakit
3.4 Langkah Menginstal
Mungkin bagi sebagian orang hal ini sangat mudah tetapi bagi para pengguna awam ini sangatlah sulit karena faktor kebiasaan menginstal komputernya yang kurang. Artikel ini aku pada siapa saja yang ingin belajar cara menginstal komputernya sendiri dengan benar tanpa takut melakukan kesalahan karena tutorial ini aku sertakan dengan gambar-gambar yang sangat mudah dimengerti.
Spesifikasi minimum hardware yang dibutuhkan:
  • Prosesor Pentium 1.5 Ghz/AMD yang setara
  • CDROM/DVDROM drive
  • RAM 128 MB
  1. Sebelumnya kamu membutuhkan CD master Windows XP terlebih dahulu kemudian masukan di CDROM/DVDROM kamu. Lalu restart komputer kamu, kemudian nampak tampilan seperti gambar lalu tekan tombol Delete pada keybord agar kamu dapat masuk di BIOS(Basic Input Output System) komputer. Pada beberapa jenis Mainboard harus menekan tombol F2 pada keyboard. Kamu dapat melihatnya pada perintah Press DEL to run Setup.
·  Lalu kamu akan berada dalam BIOS kemudian pilih Boot pada menu dan pilih item Boot Device Priority seperti pada gambar.

·  Setelah itu Kamu merubah [CDROM] pada posisi 1st Boot Device untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol +- di keyboard.Lalu tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi kamu.

·  Restart komputer tunggu hingga muncul tulisan seperti pada gambar lalu tekan sembarang tombol dengan cepat.
·  Setelah pada tampilan berikut tekan Enter untuk lanjut pada proses instal atau R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Consule atau F3 untuk mengakhiri proses instal.
·  Lanjut pada Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut dan ESC untuk batalkan proses.

·  Pada gambar posisi partisi belum terisi oleh sistem windows.Tekan C untuk membuat partisi baru pada harddisk dan Enter untuk menginstal.

·  Lalu masukan berapa besar kapasitas partisi yang ingin kamu buat dalam satuan megabytes(MB) dan tekan Enter untuk membuat partisinya seperti terlihat pada gambar.
·  Kemudian tekan Enter untuk melakukan proses instal atau Delete untuk menghapus partisi.

·  Dan pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file system (Quick) lalu tekan Enter.

·  Bila proses instalasi langkah 1 → 10 benar maka akan tampil seperti gambar.

·  Setelah itu kamu sampai pada layar berikut Click Next.

·  Lalu isikan dengan Nama dan Organisasi Kamu kemudian tekan Next.

·  Disini Kamu akan mengisikan Produk Key atau Serial Number dari type windows Kamu tekan Next lagi.

·  Isikan nama komputer dan password untuk mengaksesnya lalu tekan Next.

·  Set Time Zone pada posisi (GMT+80:00) klik Next.

·  Typical settings: Pada option ini settingan jaringan akan dibuat default windows dan Custom settings: Untuk mensetting jaringan kamu secara manual lalu klik Next.

·  Bila Kamu terhubung kejaringan local dengan domain pilih option Yes, lalu isi dengan nama DOMAIN yang sama dengan DOMAIN jaringan Kamu dan sebaliknya jika tidak terhubung kejaringan atau terhubung tapi tanpa DOMAIN pilih option No, sekali lagi tekan Next.

·  Selanjutnya Kamutinggal mengklik Ok,Next,Skip dan Finish juga diminta mengisikan nama kamu. hingga Kamu berada pada tampilan Dekstop Windows seperti ini. Sekarang Kamu tinggal menginstal driver hardware CPU Kamu.


Merakit
Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara merakit komputer, terutama bagi mereka yang baru belajar .. dari beberapa referensi yang saya pelajari .. maka berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara merakit komputer, mudah-mudahan bermanfaat .. Red. deden
Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari:
A. Persiapan
B. Perakitan

C. Pengujian
D. Penanganan Masalah

Persiapan
Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi:
Perakitan
Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:
  1. Penyiapan motherboard
  2. Memasang Prosessor
  3. Memasang heatsink
  4. Memasang Modul Memori
  5. memasang Motherboard pada Casing
  6. Memasang Power Supply
  7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
  8. Memasang Drive
  9. Memasang card Adapter
Penyelesaian Akhir









BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Secara umum, pembuatan alat penyeleksi benda otomatis berdasarkan ketinggian berbasiskan PC ini dapat dikendalikan dengan menggunakan personal komputer dengan pemanfaatan port paralel dengan bahasa pemrograman Visual Basic. Alat inin terdiri atas perangkat keras yang berupa rangkaian dan plant serta perangkat lunak yang berupa program aplikasi. Alat ini terdiri dari 4 blok yakni : blok sensor, blok personal komputer, blok driver-driver, dan blok motor-motor.
Anal ini dikendalikan dengan menggunakan komputer atau dengan empat kondisi geraan yakni gerakan lengan ke kanan/kiri, turun naik, capit tutup/buka, pendorong (dorong/tarik). Jika sensor benda tinggi terdeteksi benda, maka tangan robot memindahkan barang ke konveyer 2 dan counter bekerja. Dan jika terhalang sensor benda sedang maka pendorong benda akan mendorong benda ke konveyer 3 dan counter bekerja. Apabila tidak terdeteksi oleh sensor benda tinggi dan benda sedang maka akan terdeteksi ke benda rendah dan diteruskan ke kotak akhir dan counter bekerja.   
4.2 Saran

Saran yang dapat kami sampaikan kepada pembaca yaitu :
1.      Pilihlah komputer yang terbaik dalam membeli, dan gunakan sesuai kebutuhan anda, serta jangan lupa lakukan perawatan yang baik terhadap prangkat computer anda agar tetap optimal dalam beroprasi.
2.      Tidak menutup kemungkinan makalah ini bisa dilakukan pengembangan lebih lanjut oleh pembaca untuk mengatasi kekurangan-kekurangannya.



































                                                                                     




DAFTAR PUSTAKA
[Silberschatz2005] Avi Silberschatz, Peter Galvin, dan Grag Gagne. 2005 . Operating Systems Concepts. Seventh Edition. John Wiley & Sons.
[WEBFSF1991a] Free Software Foundation. 1991 . GNU General Public License – http://gnui.vLSM.org/ licenses/ gpl.txt. Diakses 29 Mei 2006.
[WikiOS2007] Wikipedia, The Free Encyclopedia. 2007 . Operating System – http:// en.wikipedia.org/ wiki/ Operating_system. Diakses 8 Februari 2007.
[WikiGUI2007] Wikipedia, The Free Encyclopedia. 2007 . Graphical User Interface – http:// en.wikipedia.org /wiki/ GUI. Diakses 13 Februari 2007.
[WikiGUIHistory2007] Wikipedia, The Free Encyclopedia. 2007 . History of the graphical user interface – http:// en.wikipedia.org/ wiki/ History_of_the_ graphical_user _interface. Diakses 13 Februari 2007.

Share this article :

Publicar un comentario

UCAPAN SELAMAT

Test Footer 1

k

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KUMPULAN MAKALAH ALHASYI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger