Membuat Text Area

22/12/110 komentar


Membuat Text Area

Text area adalah area atau tempat untuk menyimpan text atau tulisan, atau bisa dikatakan sebuah komponen HTML yang digunakan untuk menampilkan text atau kode script dalam bentuk dan format text. 

Biasanya text area dipakai untuk menyimpan kode HTML yang tidak bisa di tulis langsung ke dalam postingan di blog. Jadi fungsi dari text area ini kurang lebih untuk memudahkan pengunjung mengcopy seluruh isi text.

Untuk Membuat Text Area dibutuhkan script seperti di bawah ini :


<p align="center"><textarea name="code" rows="3" cols="15"> Tulis text atau kode HTML yang sobat inginkan disini </textarea></p>


Hasilnya :


Keterangan : 

rows"=3 adalah tinggi dari text area.

cols="15" adalah lebar dari text area.


Untuk Membuat Text Area Highlight dibutuhkan script seperti di bawah ini :


<div><form name="copy"><div align="center"><span><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" value="Highlight All" type="button"> </span></div><p align="center"><textarea style="width: 150px; height: 80px;" name="txt" rows="5" wrap="VIRTUAL" cols="20">simpan tulisan sobat di sini, maka tulisan yang sobat tulis akan muncul di sini dan siap di copy oleh para pengunjung</textarea></p></form></div>


Hasilnya :



Keterangan : 

<div align="center">
 center menunjukan bahwa posisi tombol akan berada di tengah, jadi jika sobat ingin posisi tombol berada di tepi sebelah kiri, tinggal ganti dengan kata left. Dan jika ingin berada di tepi sebelah kanan, tinggal ganti dengan kata right. 

<input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.selec()">
 ini artinya ketika tombol highlight di klik, maka seluruh text yang ada di dalamnya akan di highligt (di tandai atau di blok), jadi sobat jangan merubah tulisan ini. 

Value="Highlight All"
 kata Highlight All adalah kata yang akan muncul di dalam tombol, jadi jika sobat ingin merubah tulisan ini silahkan ganti dengan kata yang sobat inginkan. 

<p align="center">
 ini menunjukan bahwa text area akan berada di tengah, nah jika sobat ingin text area sobat berada di tepi kiri, ganti kata center dengan kata left, bila ingin di tepi kanan, ganti dengan kata right. 

<text style="WIDTH: 150px">
 "WIDTH:150px" menunjukan lebar dari text area tersebut sebanyak 150 pixel, jadi jika sobat ingin memperpendek atau memperpanjang lebar text area, sobat tinggal menggantinya dengan angka yang sobat inginkan. 

HEIGHT: 80px
 "80px" menunjukan bahwa text area akan mempunyai tinggi sebesar 80 px, jadi jika sobat ingin merubahnya tinggal ganti angka tersebut dengan angka yang sobat inginkan.
Share this article :

Publicar un comentario

UCAPAN SELAMAT

Test Footer 1

k

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KUMPULAN MAKALAH ALHASYI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger