Definisi Jantung


Kesehatan Jantung
Posted on April 19, 2011 by ajimedia

Admin:ajimedia.com.

Definisi Jantung

Jantung adalah salah satu organ manusia yan letaknya di dalam dada terutama sebelah kiri yang terdiri dari organ berupa otot, berbentuk kerucut, berongga dan dengan basisnya di atas dan puncaknya di bawah. Jantung merupakan pemompa berotot yang bekerja secara terus menerus dan tanpa berhenti untuk memompa darah manusia yang dialirkan ke seluruh tubuh.  Dalam melakukan kontrsksi dan relax, dalam sehari melakukan sebanyak 100.000 (seratus ribu) kali yang diperlukan suplay darah yang baik dan disediakan oleh pembuluh arteri koroner. Dalam kehidupan sehari-hari bentuk jantung digambarkan  seperti daun waru (heart). Apex (puncak) miring ke sebelah kiri.


Perkiraan berat jantung adalah 300 gram dengan besar kraung lebih seukuran kepalan tangan bayi. Agar jantung berfungsi sebagai pemompa yang efisien, otot-otot jantung, rongga atas dan rongga bawah harus berkontraksi secara bergantian. Laju denyut-denyut jantung atau kerja pompa ini dikendalikan secara alami oleh sesuatu yang disebut “detak atau denyut jantung” yang “berirama”. Orang menyebut bahwa jantung adalah pusat kehidupan manusia, hal ini dapat diartikan bahwa jika jantung berhenti berdenyut secara permanen maka disitulah orang diartikan berhenti hidup ( meninggal). Atau orang sering mengatakan sebagai “jantung hatiku”, yang merupakan ungkapan dambaan seseorang terhadap orang lain yang penuh kasih sayang dalam kehidupan dirinya tersebut, atau mereka merupakan bagian dari “kehidupan”.

Struktur internal, jantung dipisahkan oleh sebuah lapisan otot menjadi dua belah bagian, dari atas ke bawah, menjadi dua pompa. Kedua pompa ini sejak lahir tidak pernah tersambung. Belahan ini terdiri dari dua rongga yang dipisahkan oleh dinding jantung. Maka dapat disimpulkan bahwa jantung terdiri dari empat rongga, serambi kanan dan kiri serta bilik kanan dan kiri.

Penyakit jantung dalam beberapa tahun ini telah menempati urutan pertama di Indonesia bahkan di dunia, hal inilah yang kemudian menjadi perhatian bagi semua orang terutama pada bidang kesehatan untuk mengetahui seluk beluk tentang jantung manusia dan permasalahannya. Untuk itu dalam artikel-artikel selanjutnya akan dibahas tentang cara kerja jantung, penyakit jantung, dan tips sehat jantung yang akan memberikan pengetahuan dan melakukan tindakan-tindakan yang perlu untuk mengindar, mencegah, dan menangani masalah penyakit jantung.

www.ajimedia.com

Posting Komentar

0 Komentar